Kamis, 07 Juli 2011

Masjid Agung Gresik, Gresik - Indonesia

"Bangunan yang menurut saya pribadi sangat eksotis, dan memiliki karakter yang sangat kuat"

Siang ini pertama kalinya saya masuk dan melihat kota Gresik, kota yang menyenangkan. Penuh kesederhanaan ciri khas kota kecil, namun meninggalkan kesan bagi pengunjungnya. Sebenarnya kedatangan saya tidak disengaja, bermula dari pertemuan dengan teman dekat, kebiasaan lama kami, saat masing-masing sedang keluar rumah/kantor mengunjungi klien, jika ada waktu yang pas kami menyempatkan untuk makan siang bersama. Kebetulan saat ini teman saya sedang ada perlu mengunjungi salah satu kantor di Gresik, dan kami memiliki ide untuk bersantap siang di kota Gresik. Tidak lain dan tidak bukan, Bandeng Cak Lan, depot ikan bandeng paling kesohor di kota tersebut.

Di perjalanan memasuki kota Gresik, di Jl. Wahidin SH Gresik, kami disambut dengan bangunan yang menurut saya pribadi sangat eksotis, dan memiliki karakter yang sangat kuat. Ternyata bangunan ini adalah sebuah masjid, yang mana pada umumnya masjid memiliki kubah berbentuk setengah lingkaran atau sejenisnya. Tetapi tidak dengan masjid terbesar di kota Gresik ini, memiliki kubah berbentuk serupa piramid. Dan tingkat kebersihan dan keasriannya bagi saya pribadi, membuat bangunan ini menjadi landmark tersendiri untuk kota Gresik.

Saya tidak memiliki banyak info mengenai sejarah bangunan ini, dan siapa arsitek dibalik terciptanya bangunan eksotis ini, namun menurut saya bangunan ini layak mendapat apresiasi tinggi mengingat keindahannya dan karakter kuatnya yang berani mendobrak kebiasaan. Salut untuk kota Gresik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar