Jumat, 13 April 2012

Graha Wismilak, Surabaya - Indonesia



"Gedung ini diperkirakan dibangun pada sekitar tahun 1920-an, bentuknya sangat indah dan menurut saya merupakan salah satu bangunan yang dapat dibanggakan dari kota Surabaya, apalagi lokasinya tepat di pusat kota Surabaya."

Siang ini setelah menyelesaikan meeting dengan rekan kerja saya di McDonalds Raya Darmo, saya tertarik dengan salah satu bangunan yang terletak hampir persis di seberangnya. Graha Wismilak, demikian orang menyebut bangunan tersebut saat ini.

Masih teringat, saat masih kecil sering saya melalui perempatan jalan Raya Darmo dan Dr. Soetomo ini sambil terkagum melihat sebuah kantor polisi yang saat itu terlihat begitu megah dan cukup indah. Langsung terbayang yang keluar dari dalam bangunan tersebut adalah personil polisi jaman kolonial, kemudian menunggang kuda untuk patroli keliling kota Soerabaja :)

Apresiasi patut kita berikan pada pemerintah kota Surabaya dan Wismilak selaku perusahaan yang peduli akan warisan budaya berupa bangunan dan arsitektur peninggalan jaman dahulu. Saat mereka mengambil alih gedung yang terletak di Jalan Dr. Soetomo no.27 ini, mereka tetap mempertahankan bentuk aslinya dan tidak sekedar mempertimbangkan sisi strategisnya saja, namun juga sisi warisan budaya-nya.

Gedung ini diperkirakan dibangun pada sekitar tahun 1920-an, bentuknya sangat indah dan menurut saya merupakan salah satu bangunan yang dapat dibanggakan dari kota Surabaya, apalagi lokasinya tepat di pusat kota Surabaya. Mari kita jaga dan pertahankan warisan budaya Indonesia, tidak terkecuali bangunan-bangunan bernilai sejarah tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar