Jumat, 30 September 2011

Graha Pangeran, Surabaya - Indonesia

"Pada tahun 90-an, gedung bertingkat yang cukup tinggi di luar CBD Surabaya setahu saya hanya Graha Pangeran ini dan Graha Pena, selebihnya gedung-gedung bertingkat semuanya berada di pusat kota Surabaya."

Graha Pangeran, waktu itu sekitar akhir tahun 90-an, saya masih berdomisili didaerah Surabaya Utara, jadi melintas di daerah ini adalah sangat jarang amat sekali :) Hanya saat berkepentingan ke bandara Juanda atau menuju ke kota Malang saja saya melewati Jalan Ahmad Yani menuju ke Sidoarjo. Setiap melihat bangunan yang satu ini, saya berpikir..nama Graha Pangeran, imajinasi saya mengatakan mungkin gedung ini dibuat oleh seorang Raja untuk putra mahkota-nya yang nantinya akan dijadikan pewaris kekayaan :D 

Pada tahun 90-an, gedung bertingkat yang cukup tinggi di luar CBD Surabaya setahu saya hanya Graha Pangeran ini dan Graha Pena, selebihnya gedung-gedung bertingkat semuanya berada di pusat kota Surabaya. Ciri khas arsitektur gedung 90-an nya masih kental sekali, dan menurut saya desainnya cukup baik, karena hingga tahun 2011 sekarang masih tidak terlihat kuno. 

Siang ini setelah menyelesaikan urusan pekerjaan di kota Surabaya, seperti biasa perjalanan pulang saya diakhiri dengan mampir ke City of Tomorrow (gedung di sebelah Graha Pangeran, yang pada foto ini terlihat ada signage UPH), untuk ngadem dan bersantap sejenak atau kalau perlu nonton bioskop mencari inspirasi.

Bangunan perkantoran yang terletak di jalan Achmad Yani no. 268 Surabaya ini selalu saya lintasi dengan berjalan kaki untuk masuk ke kompleks mall City of Tomorrow melalui pintu sampingnya, maklum saja fasilitas trotoar untuk pejalan kaki di daerah ini belum sebagus trotoar-trotoar di pusat kota Surabaya, jadi daripada berdebu dan jalan di bebatuan, mending saya permisi sama satpam Graha Pangeran yang baik-baik  :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar